Frequently Asked Questions (FAQ)

Oxford-University4

Berikut adalah kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai persyaratan dan proses pendaftaran di University of Oxford. Untuk mengajukan pertanyaan dan berbagai informasi lain, silahkan hubungi kami melalui:
Facebook: http://www.facebook.com/PPIOxford.OXIS
Twitter: @PPIOxford
Instagram: ppi.oxford
E-mail: ppi.oxford[at]gmail[dot]com

Temukan juga cerita tentang kehidupan di Oxford dan sesi berbagi mahasiswa Indonesia di Oxford di saluran YouTube PPI Oxford: https://www.youtube.com/c/ppioxford

Undergraduate (S1)

1. Apa saja persyaratan untuk masuk Oxford?

Program sarjana (S1) di University of Oxford dan universitas-universitas di UK pada umumnya memerlukan ijazah yang setara dengan SMA di UK, yaitu A-level atau International Baccalaureate (IB). Ijazah dari beberapa sekolah di Indonesia yang memiliki program A-level atau IB dapat digunakan untuk mendaftar. Untuk persyaratan lengkapnya bisa dilihat di http://www.ox.ac.uk/admissions/undergraduate/applying-to-oxford

2. Bagaimana cara mendaftar ke Oxford?

Apabila Anda telah memenuhi persyaratan di atas, pendaftaran ke Oxford dapat dilakukan melalui UCAS (www.ucas.com). Waktu pendaftaran adalah dari tanggal 1 September – 15 Oktober.

3. Apa saja tahap seleksi dalam pendaftaran Oxford?

Tahap seleksi pendaftaran di Oxford terdiri dari: (1) seleksi dokumen (via UCAS), (2) tes tertulis untuk beberapa jurusan, (3) written work untuk sebagian jurusan, dan (4) tes wawancara. Detail mengenai tahapan seleksi dapat dilihat di http://www.ox.ac.uk/admissions/undergraduate/applying-to-oxford

4. Apakah ada beasiswa untuk S1 Oxford?

Tersedia beasiswa untuk mahasiswa Indonesia S1 di Oxford. Salah satunya adalah Reach Scholarship. Selengkapnya bisa dicari di http://www.ox.ac.uk/admissions/undergraduate/fees-and-funding/oxford-support

Mohon beritahu kami bila link-link diatas tidak berfungsi, dan kami akan meng-update link tsb dengan informasi terbaru.

Graduate (S2 dan S3)

1. Program apa saja yang ditawarkan Oxford untuk S2 dan S3?

Oxford menyediakan sangat banyak program untuk S2 dan S3, dari A-Z (kecuali X). Daftar lengkapnya dapat dilihat di http://www.ox.ac.uk/admissions/graduate/courses/courses-a-z-listing

2. Apa saja persyaratan untuk masuk Oxford?

Persyaratan untuk S2 dan S3 berbeda-beda untuk setiap program dan jurusan. Berbeda dengan S1, program S2 dan S3 tidak mensyaratkan sertifikat A-level atau International Baccalaureate. Jadi, lulusan S1 di kampus Indonesia sangat bisa mendaftar S2 dan S3 di Oxford. Untuk melihat persyaratan lengkapnya, silakan klik link program yang Anda inginkan dari halaman ini: http://www.ox.ac.uk/admissions/graduate/applying-to-oxford

3. Apa saja tahap seleksi masuk Oxford?

Seperti jawaban di atas, tahapan seleksi ini berbeda-beda untuk setiap program. Tapi secara umum, tahapan seleksi ini terdiri dari 2 tahap: seleksi dokumen dan seleksi wawancara. Salah satu anggota PPI Oxford telah menuliskan step-by-step mendaftar graduate school di Oxford dan dapat dibaca di sini: http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/18/dari-s1-langsung-s3-di-oxford-anda-bisa-584562.html

4. Apakah ada beasiswa untuk S2 dan S3 di Oxford?

Sebagian besar beasiswa dapat dilihat di http://www.ox.ac.uk/feesandfunding/search/launch/. Sedangkan untuk beberapa beasiswa dari Indonesia, dapat dilihat di website LPDP (http://www.lpdp.depkeu.go.id) dan di website PPI UK (http://ppiuk.org/tentang/beasiswa/).

Mohon beritahu kami bila link-link diatas tidak berfungsi, dan kami akan meng-update link tsb dengan informasi terbaru.

Selain itu, PPI Oxford juga memberikan update informasi kesempatan beasiswa (studentship) dari beberapa department di timeline twitter kami: @PPIOxford.

5. Apakah harus memiliki IPK diatas 3,5 dan IELTS 7?

Setiap department (fakultas) di Oxford memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Kami menyarankan teman-teman calon pelamar untuk melihat informasi di website departemen yang terkait atau menghubungi departemen yang terkait.

Namun perlu diingat bahwa akan selalu ada pengecualian untuk persyaratan-persyaratan standard tersebut. Beberapa teman mahasiswa Indonesia di PPI Oxford berhasil diterima walaupun IPK atau IELTS/TOEFL mereka sedikit dibawah persyaratan minimum.

Ini karena dalam proses penerimaan, IPK bukan pertimbangan satu-satunya tetapi hal-hal lain juga ikut dipertimbangkan, seperti: pengalaman dan prestasi pelamar yang relevan dengan topik dan bidang studi yang dilamar (ini bisa merupakan pengalaman riset, pengalaman kerja, prestasi internasional, dll).

6. Seberapa besar pengaruh surat rekomendasi dalam penerimaan mahasiswa di Oxford?

Untuk program pasca-sarjana, dan terutama untuk program doktor (D.Phil), surat rekomendasi sangat penting dan sangat berpengaruh.

7. Siapa kira-kira yang paling cocok untuk diminta menjadi pemberi rekomendasi?

Kombinasi terbaik pemberi rekomendasi, menurut kami adalah jika orang tersebut:

  • Telah bekerja dengan Anda dalam periode waktu yang cukup untuk bisa memberikan penilaian yang berarti.
  • Bisa memberikan rekomendasi positif untuk Anda, dan bisa menjelaskan kelebihan-kelebihan Anda dengan detail dan spesifik (“detail dan spesifik” ini sangat penting, karena surat rekomendasi yang bernada umum tidak akan banyak membantu).
  • Cukup senior di bidangnya, atau cukup dikenal baik di dunia internasional di bidang studi terkait.

Tetapi kriteria di atas bukanlah syarat minimal atau jaminan diterima. Ada juga beberapa mahasiswa yang pemberi rekomendasinya tidak memenuhi seluruh kriteria di atas, tetapi tetap diterima.

8. Apakah harus sudah memiliki pengalaman kerja untuk mendaftar S2/S3 di Oxford?

Ini tergantung bidang studi dan departemen yang ingin Anda lamar. Beberapa program doktor bahkan menerima mahasiswa lulusan S1 fresh-graduate (tidak harus memiliki Master degree). Informasi lebih lanjut: http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/18/dari-s1-langsung-s3-di-oxford-anda-bisa-584562.html

9. Saya pernah mendengar bahwa di beberapa Universitas, sebelum masuk, kita diharapkan bisa berbicara dengan Dosen di Univ yang ingin dituju perihal judul thesis kita nanti. Apakah di Oxford juga diberlakukan hal yang sama?

Untuk calon mahasiswa program doktor pada umumnya, penting sekali untuk menghubungi calon supervisor (dosen pembimbing) untuk membicarakan dan menyetujui topik riset yang akan diambil. Jika Anda memiliki dukungan kuat dari calon supervisor, kemungkinan Anda diterima akan menjadi jauh lebih tinggi.

Pengecualian: ada beberapa skema khusus seperti Doctoral Training Program dimana hal diatas tidak terlalu penting, karena di skema ini di tahun pertama Anda akan diberikan kesempatan untuk riset di beberapa lab/topik yang berbeda, sebelum dipersilakan memilih topik D.Phil Anda.

10. Saya pernah mendengar bahwa beberapa universitas lain dapat dengan mudah memberikan Letter of Acceptance (LoA) kepada mahasiswa yang judul thesis nya sudah disetujui oleh dosen di Universitas yang ia tuju dengan catatan akan berkuliah dengan biaya sendiri (non-scholarship). Apakah di Oxford juga diberlakukan hal yang sama?

Jika Anda mempunyai sumber dana atau beasiswa sendiri, ini juga akan dipertimbangkan, tetapi Oxford tidak akan menerima Anda jika Anda tidak memenuhi syarat-syarat penting lainnya (kemampuan berbahasa Inggris, pengalaman yang relevan, surat rekomendasi yang bagus, dll).

11. Mengenai proses pendaftaran untuk Oxford, apakah ada agen pendidikan yang bisa dijadikan rekomedasi dari kakak-kakak PPI Oxford untuk tempat saya berkonsultasi?

Proses pendaftaran untuk post graduate (s2 dan s3) cukup spesifik untuk departemen dan bidang penelitian masing-masing. Oleh karena itu, kami berpendapat bahwa konsultasi ke orang-orang yang paham di bidang penelitian tersebut (seperti dosen) mungkin akan lebih bermanfaat daripada berkonsultasi ke sebuah agen pendidikan.

Akomodasi (Rooms/Houses/Flats/Hotels/Guest Houses)

Akomodasi di Oxford terbilang sangat banyak, jadi jangan khawatir. PPI Oxford tidak bisa memberikan kepastian tentang ketersediaan akomodasi, tetapi kita bisa bantu informasi lengkap tentang akomodasi di Oxford. Mayoritas mahasiswa di Oxford menggunakan website http://www.dailyinfo.co.uk/ karena pilihan informasi yang banyak dan selalu diperbarui. Berikut informasinya :

http://www.dailyinfo.co.uk/rooms-wanted  (Informasi sewa kamar)

http://www.dailyinfo.co.uk/homes-to-let  (Informasi sewa rumah/per-lantai)

http://www.dailyinfo.co.uk/venues/hotels  (Informasi hotel/guest house)

Jika jawaban yang anda cari tidak dapat ditemukan di laman ini maupun riset melalui mesin pencari, silahkan ajukan pertanyaan via contact us.

[Sumber gambar: http://www.8-digital.com/wp-content/uploads/2013/09/Oxford-University4.jpg%5D